APAKAH FUNGSI BEM SUDAH TEREALISASI DENGAN SEMESTINYA?

APAKAH FUNGSI BEM SUDAH TEREALISASI DENGAN SEMESTINYA?

Kamis, 20 Maret 2014

Setelah dilantik pada desember lalu, Presiden dan Wakil Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) akhirnya menjalankan jabatannya  yang sudah berjalan 100 hari. Program kerja (Proker) baik itu jangka panjang dan jangka pendek sudah nampak mulai direalisasikan. Saat ini sedang berjalan adalah liga futsal mahasiswa, dimana fokus untuk pihak BEM kali ini adalah untuk pertandingan futsal mahasiswa tanggal 23 maret mendatang.

Selain itu, masih banyak rencana-rencana yang akan direalisasikan BEM kedepannya.  Diantaranya akan mengadakan seminar kepribadian, seminar kepemimpinan, dan selanjutnya akan merencanakan adanya kesenian randai dilingkungan kampus, dengan tujuan untuk melestarikan budaya Minangkabau. “Harapan saya kedepannya, BEM memberikan peningkatan yang baik, dan kepada anggota BEM agar lebih berkualitas karena sampai sekarang belum memberikan kinerja yang baik”, ujar Emil Presiden BEM.

Yang menjadi masalah besar disini adalah, masih banyak mahasiswa yang tidak mengenal anggota BEM beserta jajarannya. Kurangnya pengenalan dan sosialisasi pihak BEM kepada mahasiswa, mengakibatkan mahasiswa tidak banyak mengenal anggota BEM terutama para jajaran menteri-menterinya. Besar harapan mahasiwa agar BEM memberikan perubahan yang baik dalam periode 1 tahun kedepan. Agar tidak dicap sebagai numpang nama saja.

Sebagai kalangan eksekutif mahasiswa, BEM dikenal sebagai salah satu organisasi resmi yang berfungsi sebagai wadah pergerakan dan aspirasi mahasiswa dikampus. Dengan adanya BEM, diharapkan berbagai macam aspirasi yang muncul dari mahasiswa dapat tersampaikan dan terealisasikan bukti nyatanya. BEM yang bukan hanya fokus kepada acara-acara eksternal demi membangun hubungan baik diluar kampus, tetapi juga harus fokus kepada penyampaian aspirasi mahasiswa didalam kampus. Namun, apakah selama ini eksistensi BEM dimata mahasiswa sudah menjadi aspirator yang baik dalam mengurusi urusan internal kampus? Dan apakah fungsi BEM sudah terealisasi dengan semestinya?


Reporter : MG/013/013