WISATA KOTA PADANG, BERKEMBANG ATAUKAH MEROSOT ??

WISATA KOTA PADANG, BERKEMBANG ATAUKAH MEROSOT ??

Minggu, 16 Maret 2014

Kota Padang adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan wisata daerahnya. Salah satu daya tarik para wisatawan lokal maupun asing datang ke kota ini ialah pantainya, seperti Pantai Air Manis dengan kisah Si Malin Kundang yang menjadi destinasi pantai ini. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat siapa saja yang sudah, bahkan ingin mengunjunginya.  Selain Pantai Air Manis juga tidak kalah menarik ialah Gunung Padang dan Jembatan Siti Nurbaya. Sebagian orang menjadikan tempat ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Bagaimana tidak, kisah Siti Nurbaya yang mendunia menjadi salah satu icon bagi Kota Padang, dan para wisatawan pun dapat melihat kota tua dengan bangunan kuno yang masih bertahan sampai saat sekarang.

Tidak hanya Pantai Air Manis, ada juga Pantai Padang yang dalam dekade ini telah banyak  berubah, yaitu dengan adanya taman bermain di sepanjang pasir pantai, yang biasanya orang hanya melihat payung-payung ceper dan kafe-kafe disepanjang jalan pantai. Kini telah disediakan tempat bermain yang aman bagi para pengunjung yang membawa keluarganya, seperti arena untuk olahraga, volley, bola kaki, aneka permainan anak, bahkan rental sepeda ,dll. Meski tempat ini belum sepenuhnya selesai dibenahi, namun masyarakat disekitar pantai merasakan dampak positif dalam perkembangan dan pengelolaan pantai. Masyarakat disekitar pantai pun mengakui mendapatkan dana dari pemerintah untuk menjalankan usaha disepanjang jalan pantai yang sekarang dikenal dengan nama "TAMAN MUARO LASAK".

Banyak sekali keuntungan yang dirasakan masyarakat dengan dibangunnya Taman Muaro Lasak. Meningkatnya perekonomian menjadi salah satu dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat sekitar terutama yang tinggal dekat pantai. “Sebelum saya berjualan disini, biasanya saya berjualan dirumah saja. Saya mulai berjualan disini semenjak pantai ini telah dikelola oleh pemerintah. Warga disini juga diberikan bantuan oleh pemerintah untuk membuka usaha disepanjang jalan Pantai Taman Muaro Lasak”, ujar ibu Emidar salah satu pedangang di Pantai Muaro Lasak.

Disamping adanya peningkatan tersebut, kita tidak bisa melupakan masalah pencemaran pantai yang terjadi di Kota Padang.Kita tidak boleh terlena, fenomena sampah yang bertebaran disepanjang bibir jalan dan pantai seakan sudah menjadi hal biasa terlihat. Sangat miris sekali jika kita membahas akan kebersihan sampah ini. Pemerintah mungkin sudah memikirkan ini dengan diberikannya tempat pembuangan sampah agar memudahkan kita membuangnya dan keindahan tetap terjaga. Tapi apa boleh buat, salah satu faktor terdapatnya sampah disepanjang jalan dan bibir pantai karena kurangnya kesadaran masyarakat atau pengunjung untuk menjaga kebersihan. Seharusnya kita semua sadar, kalau tidak kita sendiri yang menjaga, lalu siapa lagi? Semua pasti menanyakan, bagaimana usaha pemerintah dalam menjaga kebersihan tempat wisata. Padahal kita sendiri tahu, kitalah yang mengotorinya. Jadi, apakah wisata di Kota Padang sudah berkembang, ataukah merosot? Semua itu kembali kepada diri kita sendiri untuk menyikapinya.


Reporter : Fadhli Maulana