CARA BACK UP DATA

CARA BACK UP DATA

Senin, 12 Oktober 2015

Kebanyakan orang tidak terlalu mengerti dan paham mengenai komputer, namun ada sebagian orang yang hanya mengerti akan tetapi tidak paham dan begitu juga sebaliknya. Pada hari ini, admin akan mulai memposting di block ini beberapa ilmu yang mungkin akan berguna bagi kawan – kawan semuanya, jadi jangan sampai lewatkan postingan admin baik sekrang atau pun selanjutnya....

Baiklah, hari ini admin akan posting mengenai BACK UP. Hmmmm di antara user mungkin ada yang belum tau apa itu back up, jadi biyar gak panjang langsung saja kita mulai.

Pengertian : 
Back Up adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam hardisk komputer yang biasanya dilakukan dari satu lokasi/perangkat ke lokasi/perangkat lain. Data atau kumpulan informasi tersebut bisa berupa file dokumen, gambar, video, audio, system windows, driver, atau software/program tertentu.

Fungsi Back Up :
·      Kegunaan atau manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan lain sebagainya. 

Cara Backup Data :
Cara BackUp data bisa dilakukan dengan berbagai perangkat, baik itu melalui hard disk internal itu sendiri, hardisk eksternal, CD R/RW, DVD R/RW, flash disk, memory, maupun software backup baik yang bisa didapatkan secara gratis dengan mendownloadnya di internet maupun yang berbayar.




Berikut Cara BackUp data dengan Software bawaan Windows :
1.    Klik Start “Computer”. Maka akan Muncul Hard Disk Drives anda 

2.    Maka akan Muncul jendela Back up or restore your files. klik link "Set up a backup"

3.   Windows akan mencari drive yang cocok untuk menyimpan file cadangan, atau anda           juga dapat memilih jaringan penyimpanan.

4.   Akan muncul jendela "How do you want to backup?‘' Let windows choose                     (recommended} = semua system, driver dan program akan dibackup

5.  Pilih file dan folder untuk dimasukkan dalam file Backup. Anda dapat membuat gambar        drive backup nantinya, centang opsi "Include a system image of drivers“ 

6.  Sekarang anda meninjau kembali file yang akan di Backup dan memastikan apakah            semua sudah benar. 

7.  Di sini anda juga dapat menjadwalkan hari dan waktu proses backup, Lalu klik "OK"             Klik "Back up now"

8.   Proses backup memamakan waktu sekitar 15 menit , tapi tergantung seberapa besar          file yang anda backup. 

9.    Setelah proses backup selesai, akan muncul jendela yg memperlihatkan file yang telah         dibackup. 


Perlu di ingat dan di perhatikan, back up yang anda lakukan pada saat serang ini merupakan back up yang kegunaanya untuk mencadangkan data – data baik itu windows, driver, program anda dari masalah – masalah yang dijelaskan diatas dan disarankan kalau ingin membackup data – data anda sebaiknya disimpan dalam tempat khusus seperti CD/DVD/HARDISK atau yang lainnya yang dirasa aman.


Jagan pernah kalah sama teknologi karena teknologi juga merupakan bikinan manusia, tetap semangat dan jagan lupa sebelum pergi bantu kami shear ilmu ini dengan cara cukup klik tombol – tombol sosial media yang ada di bawah ya mana tau bermanfaat buat yang lain dan juga kalau ada kritik dan saran bisa langsung dikomen dibawah, sekian dahulu dari admin dan tunggu postingan berikutnya.