SEJARAH UKPM GALANG

SEJARAH UKPM GALANG

Sabtu, 10 Oktober 2015

SEJARAH UKPM GALANG


        Pers adalah badan yang membuat penerbitan media massa secara berkala. Dalam UU pers no 40 tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, dan data serta grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia(Wikipedia).

Disetiap Universitas memiliki kegiatan organisasi masing-masing, salah satunya Pers. Di Universitas Dharma Andalas kegiatan pers mahasiswa bernama UKPM GALANG. Galang merupakan unit kegiatan pers mahasiswa (UKPM) Dharma Andalas yang bergerak dibidang Jurnalis atau broadcasting.

Galang berdiri pertama kali pada tanggal 13 desember 1996 di fekon jati sekaligus merupakan kampus pertama STIE Dharma Andalas. Galang pernah vakum (berhenti beraktifitas) pada tahun 2006. Setelah berhenti selama ± 3 tahun, Galang berdiri kembali dan aktif pada tahun 2009. Dengan semangat mahasiswa/i yang sekarang dikenal dengan Angkatan Proklamator. Tujuan dari UKPM Galang yaitu Pewarta atau Jurnalis yang memberikan seluruh informasi, baik yang berhubungan dengan kampus ataupun luar kampus.

Galang memiliki lambang yang berbentuk 3 buah gading gajah berwarna merah, kuning, hijau yang saling menyatu. Untuk dasarnya berwarna hitam yang artinya “Tidak adanya perbedaan baik antara sesama profesi jurnalistik dan lain sebagainya”. Tulisan UKPM Galang yang berwarna putih melambangkan hati yang suci/bersih, maksudnya “Setiap informasi yang disampaikan selalu sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan”. Untuk gading yang saling terhubung melambangkan “Ikatan yang saling terhubung antara sesama anggota”. Sedangkan makna dari warna “Memberikan suatu kebebasan dalam hal berpendapat”.


Struktur dari UKPM Galang yang paling tinggi adalah Dekan FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Galang memiliiki Pembina yaitu dosen. Galang dipimpin oleh Pimpinan Umum, dibawah pimpinan umum sejajar sekretaris dan bendahara. UKPM Galang memiliki 4 divisi, yang pertama MSDM & Litbank, divisi yang kedua Perusahaan, ketiga adalah Redaksi, dibawah redaksi memiliki 3 bagian yaitu Redaktur Pelaksana, Kordinator Liputan, dan Reporter. Untuk menjadi reporter bisa siapa saja. Divisi keempat adalah Multimedia. Di bawah multimedia memiliki 4 bagian yaitu, IPTEK, Webmaster, Editor Foto, dan Layouter. Serta salah satu struktur UKPM Galang yaitu dewan penasehat. Dewan penasehat ialah anggota galang yang telah menyelesaikan studinya di Dharma Andalas, karena anggota Galang memiliki status seumur hidup.



Note :  Laman ini terakhir kali di Update pada tanggal 10 Oktober 2015