Wawasan Proklamator Bersama UKPM Galang Gelar Dialog Interaktif

Wawasan Proklamator Bersama UKPM Galang Gelar Dialog Interaktif

Sabtu, 16 Mei 2020


Wawasan Proklamator Bersama UKPM Galang Gelar Dialog Interaktif


Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Galang Universitas Dharma Andalas menyelenggarakan Dialog Interaktif melalui virtual via Zoom Meeting pada kamis, (14/05). Dalam dialog tersebut mengangkat tema “Perspektif Baru Pers Mahasiswa Selama #dirumahaja”. Hadir Pembicara dalam Kegiatan dialog interaktif tersebut diantaranya Leonardus Gunawan (PU LPM Wawasan Proklamator), Isnaini Rahmi (PU LPM Galang), dan Rona Fitriati Hasanah (Ketua Umum Aspem Sumbar), dan dimoderatori oleh Dwi Arinda (Anggota LPM Galang).

Kegiatan ini terselenggara dengan baik dan di dukung oleh Asosiasi Pers Mahasiswa Sumatera Barat (ASPEM). Dialog berlangsung dari pukul 20.00 sampai 21.40 WIB. Peserta yang mendaftar sebanyak 73 orang meliputi mahasiswa dari berbagai kampus di perguruan tinggi yang ada di Indonesia, diantaranya dari daerah Padang, Jambi, Mataram, Yogyakarta, dan dari daerah lainnya. Dialog yang diadakan secara virtual ini dibuka dengan sambutan dan perkenalan dari pembicara kepada peserta yang hadir dalam dialog tersebut.

Kegiatan yang di helat merupakan salah satu cara untuk saling berbagi dan membuka perspektif baru mahasiswa terkhususnya Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di masing-masing kampus, tentunya di tengah pandemi ini perlu suatu inovasi tentang sudut pandang yang akan di eksekusi selama masa pendemi Corona Virus Disease (COVID-19) agar produktiftas organisasi masing-masing kampus bisa berjalan dengan baik walaupun dilakukan secara virtual atau daring.

Jika kita mengulik pada pengertian perspektif, perspektif merupakan kerangka, konsep, dan perangkat gagasan yang akan dipakai sebagai salah satu tindakan dalam mengatasi situasi pada saat ini. Tentunya adanya pandemi bukan menjadikan halangan dan membuat kita terhambat dalam menggagas ide-ide baru, karena pers mahasiswa punya peran penting dalam mengawal regulasi pemerintah, dan juga sebagai media informasi di kampus, perannya pun sangat berpengaruh.

Tak hanya itu, pers mahasiswa pun punya peran penting untuk membantu pemerintah, kampus, bahkan di lingkungan masyarakat sekitar dalam penanganan situasi pandemi pada saat ini, semisalnya dalam mengatasi informasi-informasi yang belum jelas keberadaanya atau hoax, sehingga hal tersebut perlu segera diatasi dengan mencari kebenaran yang terjadi. Dialog interaktif berjalan dengan baik, dan mendapat tanggapan yang baik dari setiap peserta yang hadir dalam dialog tersebut, besar harapan bahwa Lembaga Pers Mahasiwa Wawasan Proklamator dan Lembaga Pers Mahasiswa Galang perlu mengevealuasi dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menginspirasi untuk kedepannya.