PERSIAPAN “NEW NORMAL” 1 JUNI 2020

PERSIAPAN “NEW NORMAL” 1 JUNI 2020

Senin, 01 Juni 2020


Sumber : Liputan6.com

Covid-19 mengharuskan seluruh masyarakat di dunia untuk berdiam diri dirumah dengan menerapkan social distancing untuk pencegahan penularan Covid-19 yang dapat dengan mudah menyerang imunitas seseorang. Di Indonesia sendiri kebijakan untuk tetap dirumah saja sudah berjalan hampir 3 bulan lamanya dengan berbagai masalah didalamnya seperti adanya Pemutusan Hubungan Kertja (PHK) bagi beberapa perusahaan yang tidak sanggup menjalankan perusahaan dengan jumlah karyawan seperti masa normal sebelum pandemi, sehingga menyebabkan pengangguran dimana-mana dan hilangnya mata pencaharian beberapa orang di Indonesia. Dengan demikian tentu perekonomian di Indonesia semakin melemah dan semakin banyak rakyat yang hidup dibawah garis kemiskinan. Oleh karena, itu pemerintah mengambil kebijakan untuk menerapkan Tatanan Indonesia Baru yang lebih dikenal dengan new normal untuk kembali memulihkan perekonomian negara Indonesia.
Kebijakan new normal di Indonesia sudah mulai disosialisasikan oleh Presiden Joko Widodo beserta jajarannya secara besar-besaran.dilihat dari Presiden meninjau secara langsung ke sarana umum yang ada di Jakarta seperti MRT Bundaran Hotel Indonesia dan Pusat Perbelanjaan Summarecon Bekasi. Menurut rencana new normal akan dilakukan pada 1 Juni 2020 mendatang dengan menetapkan protokol kesehatan yang telah di rancang oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan melibatkan berbagai pihak. Salah satu peraturan yang dianjurkan pemerintah yaitu mengatur jarak antar pekerja minimal 1 meter pada setiap akutivitas kerja, mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat melalui pola hidup sehat dan perlaku kehidupan bersih dan sehat ditempat kerja cara yang dianjurkan adalah pekerja harus mencuci tangan saat tiba di tempat kerja.
Dalam pidatonya pada selasa (26/05) Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa “Mulai hari ini akan digelar oleh TNI dan Polri untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka mendisiplinkan, lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB, akan digelar di 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota mulai hari ini”. Provinsi yang disampaikan oleh presiden Jokowi dalam pidatonya tersebut adalah Provinsi DKI  Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat dan Gorontalo. Sementar untuk 25 Kabupaten Kota yakni Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kab. Kampar, Kab. Pelalawan, Kab. Siak, Kab. Bengkalis, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kab. Tangerang, Kota Tegal, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Batu, Kab. Sidoharjo, Kab. Gresik, Kab. Malang, Kota Palangkaraya, Kota Tarakan, Kota Banjarmasin, Kota Banjar Baru, Kab. Banjar, Kab. Barito Kuala, Kab. Boul. Melihat jumlah positif Covid-19 yang terus bertambah setiap harinya di Indonesia semoga warga negara Indonesia mampu mematuhi peraturan new normal yang telah dirancang sedemikian rupa oleh pemerintah, karena yang dapat menghentikan penyebaran pandemic covid-19 bukanlah tugas pemerintah saja melainkan tugas kita semua, karena dengan menjaga jarak serta menjaga kesehatan membantu Indonesia pulih seperti sedia kala. (Isra)