Tips Menjaga Kesehatan Bagi Kita Yang Dirumah Aja

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Kita Yang Dirumah Aja

Sabtu, 06 Juni 2020



Sumber foto : Google.com

Selama Pandemi kita semua beraktivitas dirumah saja,baik itu bekerja,kuliah maupun sekolah.selama kita dirumah saja kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh kita dan orang – orang disekitar kita sehingga dengan itu kita dapar mengurangi serta memutuskan rantai penyebaran virus covid . Berikut tips-tips kesehatan untuk kita sehari-hari

1.      Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Dengan kita menjaga kebersihan diri kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, baik itu yang berasal dari virus, kuman dan bakteri sekalipun. Menjaga kebersihan diri dapat kita lakukan seperti rajin cuci tangan dengan sabun, mandi setelah melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan keringat yang berlebihan, bukan hanya sekedar kebersihan diri sendiri tetapi yang berpengaruh terhadap datang nya penyakit juga disebabkan oleh lingkungan disekitar kita. Jadi kebersihan lingkungan juga harus dijaga seperti membersihkan rumah maupun halaman rumah.
2.      Menjaga Pola Makan
Selama kita dirumah saja,kita juga harus menjaga pola makan.dengan menjaga pola makan,kita dapat menjaga imun kita supaya tidak mudah sakit.dengan pola makan yang teratur dan gizi yang cukup agar stamina tubuh kita tetap terjaga.dengan makan makanan yang bergizi seperti mengkomsumsi sayur sayuran,buah-buahan,makanan yang mengandung kalsium dan protein yang cukup sehingga mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh.kita juga tidk boleh makan secara berlebihan selama dirumah saja,karena tidak baik bagi kesehatan tubuh.
3.      Menjaga Pola Tidur
Perlu kita ketahui tidur sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki sel, dan membersihkan racun didalam tubuh serta tidur juga berfungsi untuk mengistirahatkan sistem metabolisme dalam tubuh.  Namun banyak orang diluar sana yang tidak dapat tidur dengan baik dan teratur yang disebabkan oleh beberapa faktor. Maka dari itu kita juga harus menjaga pola tidur kita dengan baik karena apabila kita atau seseorang tidak cukup tidur itu juga berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuhnya atau sering disebut sistem imun seseorang. Yang perlu diketahui bahwa tidur yang baik adalah tidur dengan kurun waktu lebih kurang 7 – 8 jam pada malam hari dan 30 menit – 1 jam pada siang hari. Kurangi begadang bagi mahasiswa atau karyawan yang sedang melakukan kegiatan kuliah atau bekerja dirumah karena dari efek begadang sangat tidak baik bagi tubuh dan jantung tentunya.
4.      Olahraga Yang Cukup
 Olahraga dapat melepaskan zat kimia yang ada didalam tubuh sehingga membuat kita merasa lebih baik dan segar serta bugar. Olahraga baik untukmtubuh kita jadi sangat disarankan pada kita untuk melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga dapat dilakukkan dimana saja baik itu dirumah maupun ditempat gim atau pusa olahraga. Olahraga yang dapat dilakukan dirumah seperti olahraga ringan yaitu senam, lari pagi. Kegiatan tersebut baik tubuh.
5.      Mengurangi Stress dan Rasa Cemas
Stress dan rasa cemas sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh maupun mental, stress dapat dikurangi dengan kegiatan yang dapat menengankan pikiran seperti membaca novel dan mendengarkan lagu klasik sehingga dapat menetralisir rasa stress. Dan mengurangi rasa cemas atau takut terkait berita atau informasi yang didapat dengan mencari kebenaran informasi tersebut serta keakuratan informasi tersebut.

Penulis : Naura